Ads

Diorwin

9 Misteri Tubuh Manusia yang Buat Bingung Para Ilmuwan

Misteri tentang tubuh manusia yang belum terpecahkan (Google)
Berita Misteri - Tidak hanya dunia di sekitarnya, tubuh manusia sendiri juga mengandung berbagai teka-teki. Beberapa misteri ini memang sudah terjawab oleh sains, tetapi terkadang hal itu masih menimbulkan pertanyaan.

Dilansir dari Reader's Digest pada jumat lalu, berikut ini merupakan 9 misteri yang belum terjawab dari dalam tubuh manusia yang masih menjadi teka-teki sampai saat ini.

Berikut ini beberapa misteri pada tubuh manusia yang masih belum terpercahkan

1. Mengapa kita memiliki sidik jari?

Semua orang pasti memiliki sidik jari yang berbeda antara satu sama lain. Bahkan kembar identik pun memiliki sidik jari yang berbeda.

Selama bertahun-tahun lamanya, para ilmuwan berpikir bahwa keberadaan hal itu adalah untuk membantu manusia mencengkeram sesuatu. Namun, sidik jari sesungguhnya membuat kulit lebih sedikit bersentuhan dengan jari.

Beberapa mengatakan bahwa ini melindungi jari-jari kita dari debu dan kerikil halus. Yang lain berpendapat sidik jari memberikan kepekaan dalam setiap sentuhan.

Namun, sampai saat ini bagian tubuh tersebut masih menimbulkan banyak pertanyaan dan misteri.

2. Mengapa kita memiliki umbai cacing?

Apendiks atau yang lebih dikenal dengan umbai cacing, merupakan organ tubuh tambahan yang berada di usus buntu. Bagian tubuh ini terkadang memberikan kita rasa sakit. Namun, apabila diangkat atau di operasi, tidak ada pengaruh atau efek apapun bagi tubuh.

Beberapa teori mengatakan, organ tubuh yang berbentuk tabung sesungguhnya merupakan sebuah rumah dari bakteri baik yang melindungi tubuh. Namun, untuk mengetahui alasan keberadaan umbai cacing, masih membutuhkan penelitian yang lebih mendalam.

3. Kenapa kita memiliki tangan dominan?

Beberapa orang memiliki tangan yang dominan. Sebagian menganggap bahwa tangan kanan adalah tangan yang benar, dan beberapa orang dianggap memiliki tangan kidal.

Tangan dominan kanan dan kiri (Google)
Namun, fakta bahwa fungsi salah satu tangan lebih baik daripada yang lain adalah aneh. Mengapa kita tidak memiliki dua tangan yang memiliki kemampuan yang sama.

Walaupun ada orang yang mampu mengunakan keduanya dengan sangat baik, namun fakta ini merupakan salah satu misteri Ilahi yang masih belum terpecahkan juga.

4. Mengapa orang menguap?

Menguap sudah dilakukan sejak kita lahir di dunia. Beberapa menganggap bahwa menguap merupakan fungsi dari tubuh untuk mengatur suhu otak. Kurang tidur atau bosan mampu menurunkan suhu otak.

Selain itu, menguap memberikan tubuh perasaan tersentak, karena denyut jantung cenderung meningkat ketika kita menguap serta oto mata juga menjadi tegang.

Namun, mana yang benar? Apakah keduanya atau bukan? Alasan yang sesungguhnya masih menjadi misteri.

5. Mengapa kita memiliki golongan darah?

Beberapa teori mengatakan, jenis darah yang berbeda memiliki kemampuan yang bervariasi untuk melawan infeksi. Parah ilmuwan percaya hal itu berkembang sekitar 20 juta tahun lalu di kalangan nenek moyang manusia.

Namun belum ada teori yang menjelaskan dengan benar mengapa manusia memiliki golongan darah yang berbeda-beda (Google)
"Bersama dengan seleksi alam pada golongan darah tertentu, terhadap infeksi tertentu, menghasilkan keragaman luar biasa dari golongan darah manusia yang kita lihat dan ketahui saat ini," imbuh Dr. Mohammad Mobayed dari ProMedica Hematologi/Oncology Associates.

Namun belum ada teori yang menjelaskan dengan benar mengapa manusia memiliki golongan darah yang berbeda.

6. Kenapa manusia bermimpi?

"Manusia menghabiskan sepertiga dari hidup untuk tidur. Namun ilmu pengetahuan masih memiliki sedikit pemahaman tentang bagaimana dan mengapa kita bisa bermimpi," kata Caleb Backe, ahli kesehatan dan kebugaran Maple Holistics.

Mimpi terjadi ketika proses gerak mata cepat saat tidur, dan denyut jantung meningkat saat aktivitas itu. Sayangnya, tujuan mimpi sesungguhnya belum diketahui.

Teori populer mengatakan, mimpi memilah kenangan dan otak memutuskan mana yang berharga dan yang tidak.

7. Kenapa ada bakteri dalam tubuh?

Begitu banyak mikroba dalam tubuh manusia. Bahkan berat mereka bisa menghabiskan beberapa kilogram dari tubuh kita.

Beberapa alasan mengatakan bahwa mereka berada dalam tubuh untuk menyembuhkan luka, membantu pencernaan serta melawan berbagai penyakit. Namun, tidak ada yang tahu mengapa mereka hidup disana.

8. Mengapa primata lain lebih kuat daripada manusia?

Tubuh manusia mirip dengan primata simpanse dalam beberapa hal. Namun, mereka 1,35 kali lebih kuat daripada kita (Google)
Tubuh manusia mirip dengan primata lain seperti simpanse dalam beberapa hal. Namun, mereka 1,35 kali lebih kuat daripada kita.

Manusia memiliki kontraksi serat otot yang kurang kuat bila dibandingkan dengan primata. Walaupun begitu, serat oto ini membuat manusia memiliki daya tahan lebih besar ketimbang primata lainnya, dan memungkinkan manusia memiliki perilaku seperti berburu dan mencari makan.


Namun, ilmuwan masih bingung mengapa ada perbedaan kekuatan yang cukup banyak berbeda tentang ini.

9. Mengapa ketawa bisa menular?

Para ilmuwan menemukan bahwa emosi yang kuat dapat menyebabkan aktivitas orang yang berbeda, untuk melakukan sinkronisaasi.

"Studi menunjukkan bahwa tertawa terkait dengan makhluk sosial. Bahkan, para psikolog telah menemukan bahwa manusia 30 kali lebih mungkin untuk tertawa, ketika berada dalam situasi sosial," kata Backe.

Otak melepaskan endorfin ketika tertawa, hormon ini membuat kita merasa aman dan nyaman. Namun, tidak ada yang tahu mengapa tawa bisa menular.
SHARE

Livia

Hallo Pembaca Setia, Jangan Lupa Share Ya. Terima Kasih. Salam Gosip Unik.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar