Ads

Diorwin

17 Fakta Unik Dunia yang Masih Jarang Diketahui


17 Fakta Unik Dunia yang Masih Jarang Diketahui



GOSIP UNIK - Banyak hal - hal sederhana seputar dunia di bumi kita ini yang masih belum atau pun jarang di ketahui banyak orang. Termasuk dalam hal nya alam, manusia, hewat, dan dunia. Namun seringkali seseorang tidak mempercayai apakah sebuah fakta itu memang benar ada nya, tidak ada atau mungkin masih di ragukan kebenarannya. Dalam ulasan kali ini GosipUnik akan membahas tentang kumpulan Fakta Unik Dunia dari berbagai belahan dunia yang masih jarang di ketahui oleh masyarakat atau banyak orang.


1. Tidak adanya 1 pun jembatan tunggal di sungai Amazon, Brazil ( panjangnya lebih dari 4.300 mil ).



Satu - satunya jembatan yang ada di sekitaran sungai Amazon ialah jembatan Rio Negro, yang dibuka pada 2010. Jembatan ini menghubungkan tepi - tepi sungai Rio Negro, yang merupakan anak sungai Amazon.

2. Baik kulit maupun bulu seekor harimau, memiliki corak pola garis garis.



Selain itu, hampir sama seperti sidik jari manusia, tidak ada 2 ekor harimau di dunia yang mempunyai pola garis garis yang sama di tubuhnya.

3. Pada 2012, seorang perempuan yang hilang secara tak terduga ditemukan saat berlibur di Islandia.



Yang anehnya lagi, orang hilang tersebut tidak tahu bahwasanya dia berada di tim pencari orang hilang untuk dirinya sendiri. Menurut perempuan tersebut, dia tidak mengenali dirinya sendiri dalam deskripsi orang hilang yang disebarkan orang tim dan memutuskan untuk ikut serta membantu pencarian orang hilang tersebut.

4. Jika kamu pernah melihat GPS atau peta selama penerbangan panjang, kamu pasti memperhatikan, pesawat tidak terbang dalam garis lurus.



Malah seblaiknya, pesawat terlihat dengan jelas terbang dalam pola yang melengkung. Hal ini disebabkan oleh, pertama, garis lurus pada peta dua dimensi tidak sesuai dengan garis di globe tiga dimensi. Kedua, bentuk bumi adalah Elips, dengan permukaan yang agak rata di dekat kutub. Sehingga jarak terpendek antara dua kutub bumi bukanlah berupa lengkungan sebenarnya. Namun, misalnya jika terbang dari India menuju AS, kamu akan terbang melintasi Rusia, Inggris, Greenland, dan ya, faktanya ini benar benar jarak terpendek untuk menempuhnya.

5. Alaska adalah negara bagian paling utara, paling barat, dan paling timur di AS



Kepulauan Aleutian, yang juga merupakan bagian dari Alaska, melintasi garis meridian ke 180, itulah mengapa sebabnya mengapa bagian ini menjadi titik paling timur di AS.

6. Bagaimana caranya untuk bisa melihat Afrika dari wilayah Inggris Raya?



Sangat mudah ternyata, yakni berada di Gibraltar, wilayah asing Britania Raya yang terletak di semenanjung Liberia.

Dari sini, kamu dapat dengan mudah melihat Afrika dari tepi Spanyol, yang juga terletak di dekat wilayah tersebut.

7. Apel yang kita beli di supermarket di panen antara 5 sampai 12 bulan sebelum di packing dan tiba di supermarket.



Selama 5 sampai 12 bulan tersebut, mereka di simpan di lemari es khusus dengan kadar oxigen yang sangat rendah untuk mencegah pembusukan pada buah.

8. Ada beberapa teori mengapa kita butuh tidur.



Tidur mungkin diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak manusia serta mengistirahatkan tubuh setelah melalui berbagai aktivitas. Tetapi semakin tua seseorang, maka semakin sedikit dan berkurang pula waktu tidurnya. Dan semakin muda seseorang maka jam tidur makin banyak yang di perlukan. Tidur juga memungkinkan untuk mengembalikan semua sistem kekebalan tubuh dan mengaktifkan memori dan perhatian pada otak. Tapi hingga kini, belum ada jawaban yang jelas mengapa kita harus tidur.

9. Biji, daun, buah mentah, dan batang alpukat bersifat beracun.



Tetapi anehnya, bagian alpukat ini hanya berbahaya bagi hewan, terutama untuk golongan unggas atau burung. Alpukat benar benar aman bagi manusia, dan sangat sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

10. Pola pada lidah setiap orang sama uniknya dengasn sidik jari.



Sama seperti sidik jari, lidah tiap orang juga memiliki bentuk dan tekstur yang beda. Pola garis dan bintik pada lidah tiap manusia itu diperkirakan jarang banget berubah karena kemungkinan terluka lebih kecil daripada bagian jari. Saat ini para ilmuwan juga udah mengembangkan teknologi 3D yang bisa dipakai buat identifikasi di bidang kesehatan, salah satunya menggunakan lidah.

11. Ikan koi di Jepang bernama Hanako hidup selama 226 tahun.




Percaya atau tidak percaya, ikan koi yang di berikan nama Hanako ini hidup begitu lama, tidak sama dengan ikan ikan lain nya, Hanako hidup sampai mencapai 226 tahun lamanya. Ikan ini meninggal pada tahun 1997

12. Albert Einstein hampir menjadi presiden Israel, namun ilmuwan tersebut menolak tawaran tersebut.




Sewaktu Einstein di tawari menjadi presiden Israel, dengan tegas dia menolak, bahkan ketika utusan khusus pemerintah Israel datang kepadanya. Baginya jabatan bukanlah yang utama, pengabdian kepada kebenaran lah yang jauh lebih utama. Padahal dia bisa menjabat menjadi presiden tanpa perlu kampanye atau pun keluar uang, bahkan dia di bebaskan melakukan apapun yang dia suka, termasuk tetap menggeluti dunia fisika.

13. Kepulauan Diomede, yang terleteak di antara Rusia dan AS, aneh, karena di lintasi oleh garis waktu yang sangat jauh, yaitu 23 jam.




Perbedaan waktu antar pulau tersebut benar benar sangat jauh, yaitu 23 jam. Jadi jika di sebelah barat garis merah tersebut sudah tanggal 18 April, maka bagian timur masih tanggal 17 April. Tapi perlu di ketahui, jarak antara pulau di kepulauan tersebut sangatlah dekat yaitu hanya 2,4 mil saja.

14. Ada yang disebut "Paris Syndrome", dan ini adalah sebuah kondisi yang populer di kalangan orang Jepang.




Istilah Paris Syndrome digunakan untuk menggambarkan kumpulan gejala psikis yang dialami oleh mereka yang kecewa saat mengunjungi kota Paris. Orang yang mengalami gejala Paris Syndrome biasanya terjadi saat mengunjungi kota Paris, tapi apa yang diharapkan dari kota tersebut tidak sesuai dengan kenyataan. Paris Syndrome umumnya dialami oleh wisatawan dari negara Jepang. Saking banyaknya wisatawan dari negara sakura tersebut, kedutaan besar Jepang di Paris membuka layanan telepon 24 jam untuk menerima keluhan atau laporan untuk warganya yang menderita synrome ini. Dalam setahun, sekitar 20 wisawatan asal Jepang menderita syndrome ini.

15. Mata coklat sebenarnya berwarna biru, tapi dengan pigmen berwarna coklat.




Ahli biologi Ameria, Gregg Homer, mendirikan sebuah perusahaan yang mengembangkan sebuah prosedur untuk memungkinkan manusia mengubah mata cokelat mereka menjadi biru.

16. Luka terkena sayatan tepi kertas lebih menyakitkan ketimbang terkena sayatan pisau karena alasan yang sangat sederhana.




Dikarenakan, pisau membuat luka yang dalam dan menyebabkan pendarahan. Sedangkan pada saat ada luka yang lebar darah akan cepat membeku, dibantu oleh sel darah putih maka luka akan sembuh lebih cepat. Lain halnya dengan luka sayatan kertas yang tidak membuat luka dalam, melainkan luka yang tipis, pendarahan akan sangat kecil, luka juga tidak terlampau lebar, sehingga akan memakan waktu yang sangat lama sekali dan rasa sakit yang lebih untuk sembuh.

17. Perusahaan produksi barang olahraga ternama Adidas dan Puma didirikan oleh lelaki bersaudara bernama terakhir sama yaitu Dassler.




Diceritakan keduanya merupakan saudara, dan menjalankan serta memiliki perusahaan yang memproduksi sepatu olahraga yang disebut Gebüder Dassler. Suatu ketika mereka bertengkar, dan masing masing pun membubarkan perusahaan tersebut, lalu keduanya mendirikan kembali perusahaannya masing masing denngan produksi yang sama kembali, tetapi dengan nama yang berbeda beda. Puma awalnya bernama RuDa ( dari nama Rudolf Dassler ), dan Adidas dinamai Addas ( dari nama Adolf Dassler ).
SHARE

Livia

Hallo Pembaca Setia, Jangan Lupa Share Ya. Terima Kasih. Salam Gosip Unik.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar